Komunikasi Murah Melalui Jaringan GPRS – GSM Berbasiskan Teknologi VOIP

12:04 PM Posted In Edit This 0 Comments »

Oleh:
Rio Martin
(rio et martin dot mu)
Teknologi VoIP (Voice Over Internet Protocol) seperti telah kita ketahui bersama saat ini, sangat banyak dipergunakan secara luas, baik untuk komunikasi Sambungan Langsung International, Sambungan Langsung Jarak Jauh, atau bahkan hanya sekedar untuk komunikasi antar cabang perusahaan dalam suatu wilayah yang masih termasuk dalam area lokal. Hal ini merupakan fakta yang tidak dapat terelakkan, karena memang teknologi VoIP ini merupakan sebuah teknologi terobosan yang dapat menghemat pengeluaran kita ataupun sebuah perusahaan dalam hal berkomunikasi. Kali ini saya akan memberikan informasi dan pembahasan mengenai sebuah solusi komunikasi berbasiskan teknologi VoIP yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan sangat murah antara sesama pengguna jaringan GPRS pada jaringan telepon seluler.
Pertama – tama yang perlu kita ketahui bersama adalah konsep dari hal yang akan kita lakukan. Komunikasi ini ini memanfaatkan jaringan GPRS yang tersedia hampir bahkan seluruh penyedia jasa komunikasi seluler seperti Telkomsel, Satelindo, Exelcomindo, Indosat yang ada di Indonesia. Kesemuanya ini telah dilengkapi dengan jaringan GPRS yang dapat digunakan untuk saling kirim dan terima MMS, ataupun untuk mengakses dunia maya Internet. Bila kita berbicara mengenai jaringan GPRS apalagi untuk Internet, tentunya kita akan menggunakan protokol yang lazim digunakan untuk berkomunikasi yakni IP (Internet Protocol). Kita patut bersyukur, karena walaupun yang operasional saat ini hanya Ipv4 saja, tapi sudah dapat kita gunakan untuk mewujudkan komunikasi murah seperti ini. Mungkin untuk ke depan, apabila memang Ipv6 sudah operasional, komunikasi akan semakin lebih murah dan memungkinkan kita untuk dapat berkomunikasi hingga dengan seluruh orang di seluruh pelosok dunia yang terhubung dengan jaringan Ipv6.
Setelah konsep awal kita pahami, maka kita mempersiapkan beberapa alat yang dapat kita gunakan untuk komunikasi. Pada percobaan yang telah saya lakukan, alat yang saya gunakan untuk berkomunikasi adalah PPC (PocketPC). Percobaan menggunakan XDA2, dimana ini adalah PocketPC Phone Edition dimana antara perangkat telepon genggam seluler dengan PocketPC nya menjadi satu, sehingga lebih mudah dalam hal melakukan setting dan konfigurasi. Akan tetapi untuk yang memiliki PocketPC dan Phone nya terpisah, jangan kuatir, sebab saya pun telah mencoba komunikasi dengan iPAQ 2210 + t68i dan dapat berlangsung dengan baik.
Adapun untuk keperluan software, saya mempergunakan sebuah sofware PPC dari www.bearware.dk. Sofware tersebut namanya adalah TinyTeamTalk. Kemampuan dari si sofware adalah dapat mengkomunikasikan suara dan teks melalui jaringan yang kita pakai. Oleh karena itu saya dapat gunakan software ini tidak hanya untuk sekedar berkomunikasi suara saja, mengirimkan teks pun sangat memungkinkan.
Lanjutkan dengan proses penginstallan terhadap keduabelah alat yang akan digunakan. Jangan lupa untuk memastikan antara keduabelah pihak terhubung dengan jaringan GPRS dari penyedia jasa telepon seluler yang sama. Dan setelah terhubung, catat penggunaan IP yang menjadi identitas masing – masing. Jalankan program TinyTeamTalk dan salah satu pihak harus menjadi pihak yang statusnya Hosting. Jangan lupa untuk mencatat IP dan Port yang digunakan untuk hosting tersebut agar pihak lawan pun dapat menyamakannya, sehingga terjadi komunikasi.
Setelah Hosting , maka pihak lawan dan kita sendiri harus Join ke IP dan Port yang Hosting tersebut. Kalau anda berhasil maka komunikasi dapat segera terlaksana baik Voice maupun Text. Apabila kualitas yang diterima sangatlah buruk, anda masih bisa mencoba untuk mainkan setting Audio Quality Settings pada menu Preferences. Pada kondisi jaringan seluler yang sinyalnya sangat lemah memang dibutuhkan sekali untuk meminimalkan seluruh setting tersebut agar dapat diperoleh kualitas suara yang lebih baik. Untuk teks, tidak ada masalah, karena baik atau buruknya hanya terlihat dari delay yang terjadi antara pihak kita dengan pihak lawan.
Apabila kita ingin mempergunakan Personal PC untuk berkomunikasi, hal ini bisa mudah sekali kita lakukan. Pada sistem operasi Windows, terdapat sofware NetMeeting yang sudah tersedia pada instalasi standar. Cukup hubungkan PC yang dipakai dengan sebuah bluetooh ke sebuah pesawat genggam yang kita miliki (tentunya harus dilengkapi dengan teknologi bluetooh juga) lalu jalankan dan lakukan hal yang sama seperti yang saya contohkan pada PocketPC. Disana terdapat juga Hosting dan kita harus mengetaui IP masing – masing, baik IP kita maupun IP lawan bicara kita.
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, dengan memanfaatkan teknologi ini, kita akan semakin dapat menghemat sekaligus memanfaatkannya untuk berbagai hal. Karena teknologi ini tidak hanya melewatkan paket data suara saja, melainkan dapat juga melewatkan paket data teks, video, dan lain – lain.

0 your comment:

Komentar Kamu